Saturday, January 10, 2009

The last Lecture (Randy Pausch)

Pernyataan akan ketidakmampuan fisik, dan coba diganti dengan pernyataan historis dengan meninggalkan kenang-kenangan akan impian masa kecil si ayah, yang ingin ditularkan kepada anak-anaknya tercinta.


Pernyataan jujur seorang pengajar tulen, tentang bagaimana seharusnya anak-anak dibesarkan, tentang bagaimana seharusnya hidup dijalani, dan bagaimana seharusnya kematian ditanggapi, dan bagaimana hal-hal kecil mampu menghadirkan kejadian-kejadian besar.

Apa yang ingin disampaikan oleh Randy Pausch bukanlah tentang kematian, namun justru tentang hidup yang tidak lama lagi akan ditinggalkannya. Dia berbicara tentang perjuangan untuk mewujudkan impian masa kecil, namun sebenarnya dia mengajarkan yang lain, sebuah tipuan kepala yang hampir sempurna menurut dia. Dia mengajarkan banyak hal, melakukan banyak hal, ingin menyelamatkan banyak anak hanya dalam waktu 6 bulan yang singkat itu.

Buku ini harusnya buku duka cita, namun bukan air mata yang menetes kala membaca bukunya, namun gairah, gairah untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak, komunitas lokal dan bahkan komunitas global.

Siapapun yang membaca buku ini akan mengenal dirinya sendiri lebih dari yang dia ketahui sebelumnya.

No comments: